Monday, April 3, 2017

Dalil Pergi Haji dan Umrah adalah Tamu dan Panggilan Allah

Haji dan Umrah adalah Tamu dan Panggilan Allah

عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْغَازِي فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَالْحَاجُّ وَالْمُعْتَمِرُ وَفْدُ اللَّهِ دَعَاهُمْ فَأَجَابُوهُ وَسَأَلُوهُ فَأَعْطَاهُمْ

Dari Ibnu ‘Umar radliallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Orang yang berperang di jalan Allâh, orang yang mengerjakan ibadah haji dan umrah adalah para tamu Allâh. Allâh memanggil mereka dan mereka menjawab panggilan-Nya. Mereka meminta kepada Allâh, maka Dia memberikan permintaan mereka.” HR Ibnu Majah 2884, shahih.

 Muslim diuji dengan Kemampuan dalam masa 5 tahun untuk pergi Haji atau Umrah

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “يَقُولُ رَبِّي تَبَارَكَ وَتَعَالَى: إِنَّ عَبْدًا صَحَّحْتُ لَهُ جِسْمَهُ وَأَوْسَعْتُ عَلَيْهِ فِي رِزْقِهِ يَأْتِي عَلَيْهِ خَمْسُ سِنِينَ لَا يَفِدُ إِلَيَّ لَمَحْرُومٌ
Dari Abu Sa’id al-Khudri, Rasulullah saw bersabda, “Rabbku Tabaraka wa Ta’ala berkata: Sungguh seorang hamba yang telah kuberikan kesehatan bagi tubuhnya dan kuluaskan rizkinya, jika masa 5 tahun melewatinya tanpa bertamu kepada-Ku, maka sungguh ia orang yang terhalang (dari kebaikan).” HR Baihaqi dalam as-Syu’ab 3837, shahih.



‘Ali bin Mundzir berkata, “Sebagian shahabat kami mengabariku: Hasan bin Huyay senang dengan hadits ini, dan ia memakainya, dan ia menyukai bagi orang yang kaya dan sehat untuk tidak meninggalkan ibadah haji hingga 5 tahun. ‘Ali bin Mundzir pernah ditanya berapa kali berhajji, maka dia jawab, “Antara 56 hingga 58 kali.”

No comments:

Post a Comment